Samsung Dan Ponsel Lipatnya Galaxy Z Flip

Samsung Dan Ponsel Lipatnya Galaxy Z Flip

daftarandroidterbaru.web.id Telefon genggam pintar yang satu ini memiliki banyak keunikan yang tidak dimiliki oleh ponsel pintar yang lainnya,dengan model yang bisa dilakukan flipping seperti berbeda dengan yang lain bisa menjadi satu daya tarik tersendiri dari ponsel lainnya.Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Samsung Dan Ponsel Lipatnya Galaxy Z Flip. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Samsung Dan Ponsel Lipatnya Galaxy Z Flip

Samsung disebut-sebut akan memperkenalkan Galaxy Z Flip dalam acara Galaxy Unpacked 11 Februari mendatang, di San Francisco, AS. Di acara itu pula vendor asal Korea Selatan ini akan meluncurkan lini ponsel Galaxy S20. Belakangan, muncul kabar bahwa Galaxy Z Flip sebenarnya bukan penerus ponsel lipat Galaxy Fold yang dirilis pada 2019. Galaxy Fold disinyalir memiliki suksesor sendiri yang akan dirilis pada pertengahan 2020, sekitar kuartal kedua.

Artinya, penerus Galaxy Fold -sebut saja Galaxy Fold 2- diperkirakan akan dirilis pada pertengahan tahun atau sekitar bulan April hingga Juni 2020. Berbeda dari Galaxy Z Flip yang menggunakan desain clamshell atau lebih mirip dengan konsep lipatan Motorola Razr, Galaxy Fold 2 akan lebih mirip pendahulunya dengan model layar yang ditekuk di sumbu vertikal layaknya gerakan menutup buku. Rumor spesifikasi Galaxy Fold 2 diungkapkan pembocor gadget dan kontributor XDA Developer, Max Weinbach lewat akun Twitter miliknya.

Dalam sebuah kicauan, Max mengatakan diagonal layar Galaxy Fold 2 adalah 8 inci saat dibentangkan, lebih panjang dari Galaxy Z Flip yang memiliki diagonal 6,7 inci di posisi yang sama.

Layar tersebut akan dilapisi lapisan ultra thin glass, alih-alih plastik polymide seperti Galaxy Fold tahun lalu. Selain itu, Galaxy Fold 2 juga akan dilengkapi kamera utama beresolusi 108 megapiksel dan stylus S-Pen. Dirangkum dari GSM Arena, Senin (27/1/2020), Galaxy Fold 2 juga disebut akan mengandalkan chip Snapdragon 865 yang memiliki fitur 5G.

Belum diketahui apakah nantinya Samsung akan menamai ponsel lipatnya itu “Galaxy Fold 2” atau menyematkan nama lain. Kemungkinan, harga Galaxy Fold 2 juga akan lebih mahal ketimbang Galaxy Z Flip. Banderolnya disebut akan lebih dekat dengan Galaxy Fold 2019. Rumor terbaru memprediksi Galaxy Z Flip akan dijual seharga 800-900 dollar AS (Rp 10 – 12 jutaan). Harga ini terpaut jauh dengan Galaxy Fold 2019 yang dijual dengan harga Rp 31 juta.

Ponsel layar lipat generasi kedua dari Samsung yang konon bernama Galaxy Z Flip, kemungkinan besar akan masuk ke Indonesia. Indikasi kuatnya terlihat dari laman Tingkat Kandungan Dalam Negeri ( TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang menyantumkan nama Galaxy Z Flip dalam sebuah sertifikasi. Kementerian Perindustrian mengeluarkan sertifikat bernomor 35/SJ-IND.8/TKDN/1/2020 tertanggal 15 Januari 2020. Pada kolom “merek dan tipe” sertifikat tersebut, tercantum nama Samsung dengan nomor model SM-F700F. Berdasarkan informasi dari halaman Sammobile, nomor tersebut tak lain adalah kode untuk ponsel layar lipat Galaxy generasi kedua. Berdasarkan informasi dari halaman Kemenperin, Galaxy Z Flip mengantongi nilai TKDN dengan bobot cukup besar, yakni 46,18 persen. Sementara peraturan kandungan komponen lokal untuk ponsel 4G yang dijual di Indonesia hanya mensyaratkan minimal 30 persen. (Baca juga: Aturan Baru TKDN Smartphone 4G Sudah Berlaku) setelah meminta konfirmasi resmi dari Samsung Indonesia. Namun, mereka masih enggan mengonfirmasi hal ini.

Jika informasi ini benar, bisa jadi jarak peluncuran Galaxy Z global dan Indonesia tidak terlalu jauh. Sebab, berkaca dari Galaxy Fold generasi pertama, hanya butuh waktu sekitar satu bulan bagi Samsung untuk memboyong ponsel layar lipat miliknya setelah mengantongi sertifikat TKDN.Galaxy Z Flip kabarnya baru akan diperkenalkan dalam acara bertajuk “Galaxy Unpacked” bersamaan dengan perilisan trio Galaxy S20 pada 11 Februari mendatang di San Fransisco, Amerika Serikat. Dilihat dari rumor yang beredar selama ini, Galaxy Z Flip tampaknya dilipat secara horisontal, mirip Motorola Razr 2019. Namun, akan ada dua lipatan yakni di bawah dan di atas, seperti dihimpun dari Phone Arena, Selasa (21/1/2020). Sehingga, saat engsel lipatan atas dan bawah direnggangkan, layar akan menyerupai huruf “Z”. Diduga, bentuk lipatan ini lah yang menjadi alasan penamaan Galaxy Z Flip.

Saat dibentangkan, layarnya akan memiliki diagonal 6,7 inci dan mengerut menjadi 3 inci saat dilipat. Layar depannya akan menggunakan desain Infinity-O atau lubang kamera yang menampung kamera depan beresolusi 10 megapiksel. Untuk sektor dapur pacu, chipset Snapdragon 865 akan ditanamkan sebagai jantung ponsel lipat ini. Kabarnya, Galaxy Z Flip akan dijual 857 dollar AS atau sekitar Rp 11,9 jutaan. Belum diketahui apakah kisaran banderol yang sama juga akan berlaku di Indonesia atau tidak. Pastinya, harga ini jauh lebih murah dibanding Galaxy Fold pertama yang dijual Rp 30,8 juta di Indonesia.

Baca Juga : ZTE Dengan Senjata Snapdragon 865

Selain trio Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra, Samsung akan meluncurkan ponsel lipat barunya yang bernama Galaxy Z Flip dalam acara Galaxy Unpacked di San Francisco, Amerika Serikat, pekan ini. Hanya hitungan hari sebelum kemunculan resminya, Samsung sudah memamerkan sosok asli Galaxy Z Flip dalam video promosi yang ditayangkan dalam ajang penghargaan film bergengsi, Oscar 2020, yang tengah digelar di kota Los Angeles, California. Adapun video tersebut disebarkan di dunia maya oleh seorang pengguna Twitter bernama Nilay Patel (@reckless) yang kebetulan sedang merekam layar yang terpasang gagah di depannya.

Seperti rumor yang sudah tersiar sebelumnya, ponsel lipat yang terpampang di dalam video tampak mengusung desain layar “jangkung” dengan mekanisme lipatan clamshell, mirip Motorola Razr. Ketika dalam kondisi dilipat, perangkat dengan warna violet ini tampak berukuran lebih besar dari telapak tangan orang dewasa. Samsung juga menyertakan catatan kecil di ujung kanan bawah video bahwa ponsel tersebut bakal memiliki bekas kerutan akibat lipatan (crease).

Pelapis layar yang digunakan pun kemungkinan bukan kaca fleksibel seperti yang dirumorkan sebelumnya, melainkan plastik polymide, sebagaimana dihimpun dari TheVerge, Senin (10/2/2020). Secara desain, bagian layar Galaxy Z Flip yang konon berukuran 6,7 inci ini terlihat dibekali dengan kamera selfie yang dimuat di layar Infinity-O ala Samsung. Di bagian punggungnya terlihat ada dua kamera yang disusun secara horizontal, berikut sebuah LED flash dan sebuah layar mungil yang terlihat mampu menampilkan sejumlah notifikasi, seperti menerima atau menolak panggilan.

Kendati demikian, video iklan Samsung itu tidak mengumbar spesifikasi Galaxy Z Flip. Nama perangkat tersebut juga tidak ikut disebut di dalam video. Namun, menurut rumor, ponsel lipat ini bakal dipersenjatai dengan chip Snapdragon 855 Plus, RAM 8 GB, berikut media penyimpanan 256 GB. Kita nantikan saja pengumuman resminya saat peluncuran.

Related posts